Pada Tutorial kali ini kami akan memberikan beberapa cara mengatur workbook dan worksheet pada office 2007. seperti yang sudah di jelaskan pada postingan yang berjudul Mengenal Workbook dan Worksheet pada Microsoft Office Excel 2007 apa tu workbook dan worksheet, sekarang kita akan mengatur workbook dan worksheet tersebut. baiklah berikut langkah langkah nya.
Memindahkan isi dari Worksheet
1. Buatlah range pada worksheet yang akan di pindahkan.
2. Klik menu Home, kemudian klik toolbar Cut yang terletak dalam toolbar Clipboard
3. Garis batas range akan berkedip-kedip jika rangenya sudah si Cut.
4. Buatlah Sel Aktif pada tempat yang di tuju.
5. Klik menu Home, kemudian klik toolbar Paste yang terletak dalam toolbar Clipboard.
6. Hasilnya seperti gambar yang terlihat diatas.Menggandakan isi dari Worksheet
1. Buatlah Range pada data Worksheet yang akan di pindahkan.
2. Klik menu Home, kemudian klik toolbar Copy yang teletak dalam toolbar Clipboard. atau bisa juga dengan mengunakan tombol Ctrl+C untuk meng-copy sel yang si select.
3. Buatlah Sel aktif pada tempat yang dituju, atau klik di area yang kosong.
4. Klik menu Home, kemudain klik toolbar Paste, yang terletak dalam toolbar Clipboard. atau juga bisa menggunakan tombol Ctrl+V untuk mem-paste kan sel yang di select.
5. Maka hasilnya akan terlihat seperti gambar yang di atas.
Menyisipkan Sel Baru
1. Blok sel yang akan disisipkan sel baru.
2. Klik menu Home, kemudian klik toolbar Insert yang terletak dalam toolbar Cells. maka akan muncul dialog Insert.
3. Pada kotak dialog Insert terdapat empat pilihan untuk menentukan pergeseran sel-sel lama. Pilih salah satu yang akan anda gunakan.
- Shift cells right untuk menggeser sel-sel lama ke kanan.
- Shift sells down untuk menggeser sel-sel lama ke bawah.
- Shift sells row untuk menyisipkan garis-garis baru.
- Shift sells column untuk menyisipkan kolom-kolom baru.
4. Tekan tombol OK.
Menyisipkan Kolom Baru
1. Blok kolom yang akan yang akan disisipkan kolom baru.
2. Klik menu Home, kemudian klik tanda panah pada toolbar Insert yang terletak dalam toolbox Cells.
3. Klik Insert Sheet Column pada menu pop-up yang muncul.
4. Klik Insert Sheet Columns , maka hasilnya dapat anda lihat seperti gambar di bawah ini.
Menyisipkan Baris Baru
1. Buatlah satu atau beberapa range baris, dimana baris baru akan disisipkan.
2. Klik menu Home, kemudian klik tanda panah pada toolbar Insert yang terletak dalam toolbox Cells.
3. Klik Insert Sheet Rows , maka hasilnya dapat anda lihat seperti gambar di bawah ini.
4. Maka, baris baru akan bertambah seperti pada gambar di bawah ini.
Sampai disini dulu tutorial kali ini, sedikit lelah ni admin, hehehe
Lanjutan Cara Mengatur Workbook & Worksheet Pada Office 2007 bagian II
.jpg)











.jpg)
.gif)
0 Komentar: